Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selamat Jalan K.H Hilmi Aminuddin Lc, Pendiri PKS dan Majelis Syura PKS 2005-2015



Berita lelayu

Bismillah..

Innaalillahi wa innaailaihi raajiuun...
Turut berduka cita atas wafatnya guru kami

KH. Hilmi Aminuddin
- Pendiri Partai Keadilan (Cikal Bakal Partai Keadilan Sejahtera)
- Ketua Majelis Syura PKS 2005-2015

Meninggal pada pukul 14.24 di ruangan Berlian Timur RS. Santosa Central Kota Bandung

Semoga almarhum husnul khotimah, Segala amalnya diterima dan mendapat tempat terbaik di Sisi-Nya serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran... Aamiin

Keluarga besar PKS Tembalang

#beritalelayu #pksberduka #hilmiaminuddin #pks

Sejarah singkat K.H Hilmi Aminudin 


K.H. Hilmi Aminuddin, Lc. (lahir di Indramayu, Jawa Barat, 27 Desember 1947 – meninggal di Bandung, Jawa Barat, 30 Juni 2020 pada umur 72 tahun) merupakan pendiri gerakan dakwah atau yang pada era 1980-1990-an dikenal dengan sebutan harakah tarbiyah. 

K.H Hilmi Aminudin Ia pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggantikan K.H Rahmat Abdullah yang meninggal karena sakit pada tahun 2005. K.H. Hilmi Aminuddin, Lc menjabat Ketua Majelis Syura PKS hingga tahun 2015. Ketua Majelis Syura PKS setelah beliau adalah Habib Salim Segaf Al-Jufri.

Pada usia enam tahun, K.H. Hilmi Aminuddin, Lc memulai pendidikannya dengan mendaftar di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Selulusnya dari sana, dia berkelana ke sejumlah pesantren di Jawa. Pada tahun 1973, Hilmi memutuskan untuk berangkat ke Arab Saudi dan belajar di Fakultas Syariah Universitas Islam Madinah. Selama enam tahun menuntut ilmu di universitas tersebut, K.H. Hilmi Aminuddin, Lc kerap berkumpul dengan Yusuf Supendi yang juga merupakan tokoh perintis PKS. Kala itu Yusuf Supendi sedang berkuliah di Universitas Imam Muhammad Ibnu Saud, Riyadh.

Sekitar tahun 1978, K.H. Hilmi Aminuddin, Lc lulus kuliah dan pulang ke Indonesia. Sepulangnya dari Arab Saudi, K.H. Hilmi Aminuddin, Lc memulai kariernya dengan berdakwah. Tapi karena K.H. Hilmi Aminuddin, Lc tidak memiliki Pondok Pesantren seperti kebanyakan ulama di Indonesia saat itu, K.H. Hilmi Aminuddin, Lc pun berdakwah dari masjid ke masjid, atau dari satu kelompok pengajian ke kelompok pengajian lainnya. Pada tahun 1998, Hilmi bersama beberapa rekannya mendirikan Partai Keadilan dan pada tahun 2002, partai tersebut berganti nama menjadi Partai Keadilan Sejahtera agar bisa ikut pemilihan umum dua tahun berikutnya.

Karena baru didirikan dan hanya mendapatkan 7 kursi di parlemen, atau 1,5 persen maka peranan PKS saat itu belum begitu kelihatan dan lebih fokus ke dalam partai. Pada tahun 2005, Hilmi ditunjuk menggantikan Rahmat Abdullah yang meninggal dunia untuk menjadi Musyawarah Majelis Syuro I yang merupakan lembaga tertinggi di PKS.

K.H. Hilmi Aminuddin, Lc meninggal dunia pada hari Selasa, 30 Juni 2020 pukul 14.24 WIB di ruangan Berlian Timur Rumah Sakit Santosa Central, Jalan Gardujati, Kota Bandung.


Ikuti Instagram, twitter dan facebook pks tembalang untuk update berita lainnya.